Naik Bus PO Indonesia dari Surabaya ke Jepara (Sesi 3)

On Minggu, 17 Agustus 2014

Bus yang ditunggu tiba, tepat pukul 17.30 sudah ada di lobi pengangkutan penumpang. Naik Bus PO Indonesia dari Surabaya ke Jepara ini saya lakukan karena saat itu masih belumada travel open trip yang langsung menuju ke karimunjawa jika ditempuh dari surabaya. dan akhirnya, kami berdua sedikit melakukan petualangan ala Backpaker deh. Sebelum membaca lebih lanjut, simak episode artikel Semut Offline yang lalu ketika saya menunggu bus di terminal purabaya

Beruntungnya karena kita termasuk yang paling awal masuk kedalam bus sehingga bisa memilih posisi tempat duduk ternyaman yang disediakan PO Jaya Utama / Indonesia ini. di dalam bus juga ada tulisan mengenai tarif yang berlaku pada tahun 2014. kemudian juga ada jadwal berangkat bus dari purabaya (bungurasih) serta keberangkatan dari jepara.

Naik Bus PO Indonesia dari Surabaya ke Jepara

Naik Bus PO Indonesia dari Surabaya ke Jepara 2
Perjalanan Bus PO Indonesia dari Surabaya ke Jepara

Kami akhirnya memilih tempat duduk nomor 2, disebelah sisi kanan. jangan khawatir, karena bus ini sangat nyaman, sehingga duduk dimana saja akan menyenangkan menurut saya. dan tempat duduknya ditiap sisinya hanya ada 1 pasang (2 tempat duduk). tepat 15 menit setelah duduk dan menunggu penumpang ke jepara, berangkatlah kita keluar dari terminal terbesar di surabaya itu. selang beberapa waktu, muncullah kondektur yang membawa karcis dan tentu saja menarik uang. tarif yang berlaku untuk surabaya - jepara adalah Rp. 110.000,- / orang.

Oh ya, untuk barang bawaannya, bawa saja seperlunya didalam bus karena perjalanan yang jauh, sehingga anda tidak capek. jika membawa koper dan ransel yang besar dan hanya berisi pakaian saja, lebih baik minta sopir untuk menaruhnya di bagasi samping bus indonesia. Cukup yang kamu bawa hanya peralatan yang selalu digunakan, misal bedak kalau cewek dan snack serta minuman. dan bagi yang khawatir kelaparan? tidak perlu takut, karena bus PO Jaya Utama / Indonesia sudah menjalin kerjasama dengan rumah makan di tuban. atau mungkin memang itu rumah makan milik PO tersebut ya? saya juga kurang mengerti.

rumah makan di tuban PO Jaya Utama
RM yang dimiliki PO Bus Jaya Utama / Indonesia

Yang penting, tiap kita melewati tuban pasti mampir dulu dirumah makan dan makan gratis. makan gratis disini artinya anda harus menyerahkan tiket yang didapat dari kondektur bus. kalau karcis hilang ya anda harus membayar dengan harga yang semestinya. makanan disini tidak bisa dibilang istimewa dan juga tidak bisa dibilang tidak enak. lumayan untuk menghalangi lapar dan ada teh panasnya juga. kalau mau nambah, kalian bisa beli sendiri disana karena barangnya juga terbilang lengkap seperti toko.

Selesai makan, kami melanjutkan perjalanan ke arah jepara kembali. silih berganti penumpang turun, mulai dari tuban, lasem, pati dan sebagainya. bus yang menuju jepara kebanyakan melewati jalur utara. sehingga jika kalian melakukan perjalanan dipagi hari akan terlihat view yang menarik dan bagus karena banyak pantai dideretan sisi selatan jawa tersebut.

Jam sudah menunjukkan jam 12 kurang, kami sampai di alun alun jepara. ramai juga untuk ukuran jepara karena banyak anak muda yang nongkrong disana, tetapi hanya cowok semua dan jangan harap menemukan batang hidung seorang wanita. tepat jam 12, kami tiba di terminal jepara. Sepi sekali tidak layaknya terminal yang kami bayangkan. hanya ada 3 pasang pemuda yang turun di terminal tersebut dan saya yakin mereka semua juga seperti kami yaitu menuju ke karimunjawa. setelah beberapa menit duduk melepas lelah karena abiz naik bus dari surabaya ke jepara, kami akhirnya mencari penginapan dahulu sebelum diadakannya meeting poin pukul 6 pagi. kan tidak lucu jika harus menunggu kurang lebih 5 jam di terminal dan sangat dingin.

Beberapa lama telepon, ternyata penginapan sudah habis karena penuh. akhirnya kami telepon koordinator lapangan di jepara, karena kami datang terlalu awal. dan untunglah, pihak travel kami sangat bertanggungjawab. kami dijemput menggunakan motor matic dan kami berdua dibonceng menuju base camp mereka yang berupa rumah di satu perumahan. akhirnya kami punya tempat berlindung dari dingin dan bisa istirahat sejenak.

Ceritanya akan dilanjutkan pada sesi selanjutnya. mohon ditunggu..
Naik Bus PO Indonesia dari Surabaya ke Jepara (Sesi 3) 4.5 5 Andi godaa Minggu, 17 Agustus 2014 Bus yang ditunggu tiba, tepat pukul 17.30 sudah ada di lobi pengangkutan penumpang. Naik Bus PO Indonesia dari Surabaya ke Jepara ini Bus yang ditunggu tiba, tepat pukul 17.30 sudah ada di lobi pengangkutan penumpang. Naik Bus PO Indonesia dari Surabaya ke Jepara ini saya...